Berita | Selasa, 12 Jul 2011 03:50
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • Total views : 1289
Embed code :

Euforia hari pertama masuk sekolah, Senin (11/7) terpampang jelas di sekolah-sekolah, mulai dari TK hingga SMA. Berbagai seragam baru dan orang tua murid yang mengantar dan menunggu anaknya pun mewarnai sekolah-sekolah tersebut.

Misalnya di SD Salomo Semarang ini, meskipun hanya dengan berjumlah enam siswa baru untuk SD, 14 siswa baru untuk SMP dan tujuh siswa baru untuk TK, mereka tetap melakukan kegiatan awal tahun ajaran baru seperti sekolah pada umumnya.

Meskipun dengan jumlah murid yang terhitung sedikit, namun kondisi tersebut tidak menyurutkan murid-murid ini untuk mengikuti segala kegiatan sekolah.

Di hari pertama sekolah, siswa dan siswi Salomo ini tampak semangat melakukan upacara dan berbagai kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Dan selama tiga hari tersebut pihak sekolah belum memberikan materi pelajaran, melainkan memberikan pengenalan akademik dan sarana prasarana sekolah.

Kepala Sekolah Salomo, Purnomo Hadi mengatakan, perihal sedikitnya siswa yang mendaftar dikarenakan para orang tua murid khawatir dengan sekolah yang akan digusur, meskipun pihak sekolah telah memberikan penjelasan dan mereka akan tanggung jawab dari segala kemungkinan.

Sementara itu, di SDN Pekunden Semarang melakukan hal yang sama, di hari pertama ini pihak sekolah belum mulai memberikan pelajaran, melainkan pengenalan lingkungan sekolah, yaitu dengan mengajak berkeliling.

Kepala SD Pekunden H Agus Sutrisno mengatakan, kegiatan masa orientasi siswa ini akan digelar selama tiga hari, dimaksudkan agar murid-murid baru ini merasa akrab dengan suasana sekolah. Sehingga murid-murid tidak canggung ketika tidak ditemani oleh orang tua mereka setelah tiga hari kedepan.

Reporter & Kameraman: Apit Yulianto
Dubber & Editor Video: Arief